SILABUS PRAKARYA KELAS IX SEMESTER 2 TERBARU

Posted on

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini penulis masih diberikan kesempatan untuk bisa menulis kembali pada BLOG PRAKARYA INDRAMAYU untuk berbagi pengalaman tentang Silabus Prakarya Kelas IX Semester 2. Semester 2 sudah berjalan dan berbagai aktifitas kegiatan belajar mengajarpun sudah dimulai, tentu hal ini kita sebagai seorang guru harus menyiapkan berbagai perangkat administrasi pembelajaran diantaranya adalah SILABUS.
Dalam penulisan kali ini saya mencoba untuk berbagi file tentang silabus Prakarya Kelas IX Semester 2, setelah pada penulisan sebelumnya penulis pernah mengupload tentang RPP Prakarya Semester 2 dan kali ini giliran silabus, walaupun kita tahu bahwa sebelum membuat RPP tentu Silabus harus ada terlebih dahulu, namun apa salahnya dalam kesempatan kali ini penulis ingin berbagi tentang Silabus Mata Pelajaran Prakarya untuk kelas IX semester 2 tersebut.
Tanpa adanya silabus rasanya sebuah administrasi pembelajaran kurang kumplit, seperti sayaur tanpa garam, oleh karena itu bagi yang membutuhkan file tersebut silahkan dowload pada link yang sudah di persiapkan dan tentunya silabus tersebut sudah mempunyai nilai-nilai karakter yang sudah di terapkan pada kurikulum 2013. (baca juga RPP Prakarya Kelas IX Semester 2)
Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran, agar peserta didik mampu membuat produk prakarya yang presisi serta menumbuhkembangkan kreatifitas dengan menganalisis berbagai desain karya, mengidentifikasi dan mendeskripsikan proses pembuatan karya, membuat dan memodifikasi karya dalam konteks kearifan lokal.
Silabus prakarya kelas IX semester 2 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal.
Atas dasar prinsip tersebut di atas, komponen silabus Prakarya Kelas IX Semester 2 mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.