BANK SOAL PAS PRAKARYA KELAS VIII TERBARU

Posted on

Setelah merilis Bank Soal PAS Prakarya untuk Kelas VII Tingkat SMP/MTs (Lihat Bank Soal PAS Prakarya Kelas VII), pada kesempatan kali ini penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU mencoba membagikan kembali tentang soal latihan PAS Prakarya Kelas VIII sebagai bahan pembuatan soal PAS atau sebagai bahan ajar untuk peserta didik kita atau juga sebagai latihan buat adek-adek yang masih belajar di kelas VIII sebagai bahan persiapan untuk menghadapi Penilaian Akhir Semester 2.
Kita tahu bahwasanya pada penilaian kurikulum berbasis kompetensi menggunakan acuan kriteria. Artinya untuk menyatakan seorang peserta didik telah kompeten atau belum bukan dibandingkan terhadap capaian teman-teman atau kelompoknya, melainkan dibandingkan terhadap kriteria minimal yang ditetapkan. Peserta yang sudah mencapai kriteria minimal disebut tuntas, dapat melanjutkan pembelajaran untuk mencampai kompetensi berikutnya, sedangkan peserta didik yang belum mencapai kriteria minimal wajib menempuh remedial, oleh karena itu meski Penilaian Akhir Semester masih jauh ditempuh oleh peserta didik kita, tapi seyogyanya kita harus menyiapkan materi-materi sekiranya pada waktu pelaksanaan Penilaian Akhir Semester peserta didik kita sudah dalam menghadapi ujian kenaikan kelas tersebut.
Pembinaan terhadap kemajuan peserta didik kita merupakan tugas pokok kita sebagai seorang guru, hal ini perlu kita lakukan dengan cara pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda. Pembelajaran ulang dilakukan apabila semua peserta didik mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Pembelajaran ulang dilakukan dengan cara penyederhanaan materi, variasi cara penyajian, penyederhanaan tes/pertanyaan, salah satu dari kompotensi materi yang belum tuntas tentunya akan menghambat tujuan dari pembelajaran itu sendiri.
Oleh karena itu dengan banyak latihan-latihan soal bagi peserta didik kita mungkin sedikit agak mengurangi ketidak pahaman mereka baik dengan cara pemberian bimbingan secara individu, pemberian bimbingan secara kelompok. Pemberian bimbingan secara individu dilakukan apabila ada beberapa anak yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda dalam sebuah materi yang disampaikan, sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang dialami oleh peserta didik kita, adapun kita melakukan bimbingan secara kelompok bertujuan untuk pembelajaran klasikal ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan sama dalam materi tersebut.
Dengan demikian yuk mari kita sama-sama berjuang demi memajukan negeri yang kita cintai ini (Indonesia) agar peserta didik kita menjadi anak-anak yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama. Dan sebagai wujud partisipasi penulis BLOG PRAKARYA INDRAMAYU siap membagi materi-materi yang berkaitan dengan pendidikan, dan bagi siapapun yang membutuhkan soal PAS Prakarya untuk Tingkat SMP/MTs Kelas VIII silahkan download link di bawah ini dan semoga dapat bermanfaat…aamiinn.

Leave a Reply

Your email address will not be published.