DAFTAR HADIR DAN DAFTAR NILAI PESERTA DIDIK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Posted on
Assalamu’alaikum Wr. Wb….. salam sejahtera bagi semua pengguna BLOG PRAKARYA INDRAMAYU, semoga kita semua selalu di beri kesehatan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari aamiinn. Pada penulisan kali ini ijinkanlah penuls berbagi mengenai Daftar Hadir Dan Daftar Nilai Peserta Didik Untuk Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penerimaan Peserta Didik Baru untuk Tahun Pelajaran 2019/2020 sudah mulai berjalan, semua lembaga sekolah tentunya disibukan dengan kegiatan-kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tersebut, dengan demikian tentunya dalam hal adanya perserta didik baru tersebut, tentunya kita harus menyiapkan Daftar Hadir Peserta Didik Baru yang di terima di lembaga sekolah kita sebagai acuan untuk guru untuk dijadikan pedoman mengajar dikelas tersebut.
Selain adanya Daftar Hadir Peserta Didik, seorang pendidik juga harus menyiapkan sedini mungkin untuk membuat Perangkat Pembelajaran ketika Wakasek Kurikulum sudah menentukan jadwal untuk guru yang bersangkutan, diantaranya Kalender Pendidikan (Download Kalender Pendidikan Tahun 2019/2020), Program Tahunan, Program Semester, RPP, Silabus, KKM dan tidak kalah penting yang mungkin sering dilupakan oleh seorang guru yaitu DAFTAR NILAI PESERTA DIDIK. Daftar Nilai Peserta Didik terpisah sendiri sama seperti Absensi Siswa, daftar nilai peserta didik ini bisa dijadikan bukti sebagai penilaian utuk di raport.
Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP/MTs pada 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam melaksanakan penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan, mereka belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik: merumuskan indikator, menyusun butirbutir instrumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan berbagai macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melaksanakan penilaian keteram pilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.
Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan peserta didik. Permasalahan lain yang sering muncul adalah penetapan KKM dan secara teknis menerapkannya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam menentukan nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas perlu disusun Panduan Penilaian pada tingkat SMP/MTs Panduan penilaian ini diharapkan dapat memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Dalam hal ini penulis mencoba mengutarakan tentang permasalahan yang menjadi kesulitan pada Kurikulum 2013, sebenarnya perbuahan tentang tata cara penilaian sudah ada perubahan untuk memudahkan guru dalam memberikan nilai kepada Peserta Didik, dan pada kesempatan ini pula penulis mencoba berbagi Format penilaian untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah yang dilakukan sehari-hari oleh guru sehingga ketika semester I dan II selesai guru punya bukti untuk memberikan nilai raport kepada peserta didiknya. Oleh karena itu bagi yang membutuhkan format Absensi Peserta Didik dan Penilaian Harian Peserta didik BLOG PRAKARYA INDRAMAYU menyiapkan format tersebut silahkan bagi yang memerlukan download pada link berikut ini sebagai bahan perbandingan Bapak/Ibu dalam persiapan untuk KBM dan semoga bermanfaat. Aamiinn..



Untuk Daftar Nilai Peserta Didik Silahkan Download Link di bawah ini



Download Rumus Raport Semester I dan II Tahun Pelajaran 2019/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published.