ADMINISTRASI PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SEMESTER 1 DAN 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Posted on

Tahun Pelajaran 2018/2019 sudah dimulai untuk dunia pendidikan, masa liburan tentunya kita menyiapkan hal-hal apa saja yang harus disiapkan sebagai seorang pendidik. Pada semua lembaga sekolah tentunya kurikulum sudah membuat jadwal kepada guru-guru untuk mengajar mata pelajaran apa dan kelas berapa. Pada kesempatan kali ini penulis mencoba berbagi kembali tentang administrasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VII untuk tahun pelajaran 2019/2020.
Pada awal masuk sekolah tentu kita akan dituntut tentang administrasi pembelajaran oleh kepala sekolah yang segera di tandatangani oleh pengawas, oleh karena itu alangkah baiknya kita sebagai seorang pendidik jauh-jauh mungkin sudah menyiapkan administrasi tersebut, agar pada awal pertama masuk sekolah kita sudah siap dengan tanggung jawab kita sebagai seorang pendidik.
Kita tahu bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan upaya sistematis untuk menciptakan, membangun, dan mengorganisasikan pengetahuan tentang gejala alam. Oleh karena itu dalam upaya ini berawal dari sifat dasar manusia yang penuh dengan rasa keingintahuannya. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada hakikatnya belajar dengan pendekatan yang meliputi empat unsur utama. Keempat unsur tersebut adalah sikap, proses, produk, dan aplikasi. (1) Sikap, yaitu rasa ingin tahu mengenai alam yang diselidiki secara tekun, teliti, jujur, skeptis, namun terbuka terhadap kemungkinan baru, dan bertanggung jawab. (2) Proses, yaitu prosedur penyelidikan mencakup gejala alam. (3) Produk, yaitu fakta, konsep, prinsip/hukum, dan teori yang menjelaskan dan/atau memprediksi gejala alam. (4) Aplikasi, yaitu penerapan metode ilmiah dan pengetahuan Ilmu Pengetahuan Alam dalam kehidupan sehari-hari. Keempat unsur utama Ilmu Pengetahuan Alam ini seharusnya muncul dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam seharusnya bisa menumbuh kembangkan kompetensi peserta didik pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki lintasan perolehan (proses psikologis) yang berbeda. Sikap dapat diperoleh melalui aktivitas “menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.” Pengetahuan diperoleh melalui aktivitas “mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi.” Keterampilan diperoleh melalui aktivitas “mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta.” Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, lintasan “mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji, dan mencipta” ini digunakan sebagai penggerak untuk lintasan yang lain. Pendekatan yang digunakan untuk belajar Ilmu Pengetahuan Alam disebut pendekatan ilmiah (scientific).
Sebagai Guru IPA harus bisa memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berdiskusi dan berbagai bentuk kerja sama lainnya dalam menyelesaikan tugas. Selain itu, guru IPA juga perlu memberikan bantuan kepada peserta didik dalam tahap-tahap awal pembelajaran. Selanjutnya, peserta didik akan segera mengambil alih tanggung-jawab yang lebih besar setelah mereka dapat melakukannya sendiri. Bantuan yang diberikan guru IPA tersebut dapat berupa petunjuk, peringatan, dorongan, serta menguraikan masalah dengan langkah-langkah pemecahannya, memberikan contoh, atau apa pun bentuk yang lain yang memungkinkan peserta didik tumbuh mandiri. Perlu ditegaskan bahwa, bantuan tersebut tidak bersifat “memberitahu secara langsung,” tetapi “mendorong peserta didik untuk mencari tahu.”.
Dari paparan di atas tentunya dalam kegaiatan belajar mengajar seorang guru harus menyiapiapkan administrasi pembelajaran tersebut. Untuk administrasi pembelajaran IPA Kelas VII Semester I dan II Tahun Pelajaran 2019/2020 silahkan download link di bawah ini semoga bisa bermanfaat. Aamiinn

Leave a Reply

Your email address will not be published.