ADMINISTRASI PEMBELAJARAN TIK KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Posted on

Bismillahirrohmannirohim, puji syukur penuliis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan satu nikmat sehat yang tiada tara indahnya, sehingga pada kesempatan kali ini penulis mencoba berbagi kembali file tentang Administrasi Pembelajaran TIK Kelas VIII Tahun Pelajaran 2019/2020. Sholawat serta salam penulis panjatkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa agama Islam sebagai agama rohmatan lil alamin. Setelah libur panjang akhirnya kita dihadapkan kembali pada aktifitas sehari-hari yaitu mengajar di sekolah, setelah penulis selesai menuliskan ijazah buat peserta didik, kini disibukan kembali dengan membuat best practice yang ditugaskan oleh kepala sekolah penulis dan penulis belum bisa mengupload file tersebut di Blog Prakarya Indramayu ini karena masih bersifat rahasia. Namun dibalik kesibukan itu rasanya penulis jenuh dan ingin berbagi file tentang Administrasi Pembelajaran TIK Kelas VIII Tahun Pelajaran 2019/2020 kepada pengguna Blog Prakarya Indramayu ini.
Kita tahu bahwa dalam rangka mewujudkan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa dan visi Kemdikbud 2025 untuk menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif, tema pembangunan pendidikan nasional 2015-2019 difokuskan pada daya saing regional pendidikan dan kebudayaan. Upaya pemberdayaan guru dan tenaga pendidikan diantaranya dilakukan dengan menyelenggarakan “Guru Pembelajar Moda Daring” yang berkualitas baik untuk guru, kepala sekolah, pengawas dan tenaga kependidikan lainnya.
Teknologi informasi dan komunikasi sudah menjadi kebutuhan penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 Nomor 15 menyebutkan bahwa pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain. Sementara Pasal 35 ayat 1 menyebutkan bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran.
Dari kalimat di atas jelaslah bahwa mata pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi sangat penting bagi pendidikan peserta didik baik di tingkat SD, SMP/MTs, SMA/SMK.MA bahkan sampai ke perguruan tinggi,  Seiring dengan perkembangan kurikulum materi TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi mungkin sudah hilang dalam peredaran di kurikulum 2013, namun desakan demi desakan dari semua jajaran guru-guru TIK dalam wadah naungan PGRI yang mengajar di Tingkat SMP/MTs akhirnya akan di kembalikan lagi menjadi mata pelajaran Informatika, namun demikian banyak sekolah-sekolah yang belum siap mengenai administrasi pembelajaran seperti RPP, Silabus dan lain sebagainya, sehingga mata pelajaran Informatika akan di terapkan kepada sekolah-sekolah yang minimalnya sudah memenuhi syarat, adapun bagi sekolah-sekolah yang baru melahirkan guru-guru TIK masih menginduk kepada materi lama yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan materi TIK pun masih menjadi pilihan antara Prakarya dan TIK.
Demi mempersingkat tulisan bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkan administrasi pembelajaran TIK Tingkat SMP/MTs untuk Tahun 2019/2020 silahkan download link di bawah ini semoga bisa bermanfaat…aamiinn

Leave a Reply

Your email address will not be published.