PENELITIAN DAN ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DI TK

Posted on
Bismillahirrohmannirohim… pada kesempatan kali ini penulis masih membahas tentang seputar dunia Taman Kanak-Kanak, kali ini penulis mencoba berbagi tentang penelitian dan analisis proses pembelajaran di TK, sebagaimana kita ketahui bahwasanya setelah adanya PKP (Pemantapan Kemampuan Profesional), tentunya harus ada analisis, dan dalam hal ini penulis mencoba berbagi kembali seputar dunia pendidikan yang ada di taman kanak-kanak.
Kita tahu bahwa untuk mengembangkan keterampilan berbicara terdapat beberapa aspek kegiatan keterampilan bebicara. Kemampuan berbahasa anak harus dioptimalkan diberdasarkan aspek yang mendukung peningkatan keterampilan berbicara. Dari data tersebut, kegiatan bercerita untuk meningkatkan kemampuan anak yang dilakukan di TK harus sesuai dengan pengembangan. Untuk mengembangkan keterampilan berbicara terdapat beberapa aspek kegiatan keterampilan bebicara.
Kemampuan berbahasa anak harus dioptimalkan diberdasarkan aspek yang mendukung peningkatan keterampilan berbicara. Metode demonstrasi yang digunakan dalam pengembangan ini juga tepat, sehingga anak mampu memahami langkah-langkah pada saat kegiatan bercerita anak dibimbing mengembangkan kemampuan untuk mendengarkan cerita guru yang bertujuan untuk memberikan informasi atau menanamkan nilai-nilai sosial, moral, dan keagamaan, pemberian informasi tentang lingkungan fisik dan lingkungan sosial.
Kegiatan bercerita melalui media gambar  yang diamati pada TK dapat memperluas wawasan dan cara berfikir anak. Sebab dalam kegiatan bercerita anak mendapat tambahan pengalaman yang bisa jadi merupakan hal baru baginya, atau jika seandainya bukan merupakan hal baru tentu akan mendapatkan kesempatan untuk mengulang kembali ingatan akan hal yang pernah didapat meupun dialaminya. Tambahan pengalaman tersebut tentu akan memperluas wawasan anak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran di TK sudah terprogram dan berjalan dengan baik, dilihat dari visi dan misi, kurikulum, perangkat pembelajaran, fasilitas, peran kepala sekolah, guru dan lingkungan sekolah, semuanya mendukung program dan saling membantu dana dari pusat dan standarisasi dari TK juga berperan sangat penting untuk kemajuan TK tersebut.
Kegiatan pembelajaran menggunakan model kegiatan berkelompok Ruang-ruang  tertata dengan rapi dan sehat dengan ventilasi yang baik dan penerangan baik, jumlah murid standar sehingga memudahkan guru untuk menilai proses kegiatan belajar mengajar.
Kegiatan awal yang dilakukan oleh pendidik TK dengan tanya jawab dan apersepsi terlebih dahulu sebelum kegiatan inti dilaksanakan. Secara umum, TK telah melakukan kegiatan yang baik dan terarah. Kegiatan tersebut telah disusun sedemikian rupa, sehingga mendapatkan hasil yang optimal.
Bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan file tersebut sebagai bahan referensi silahkan download link di bawah ini dan semoga bisa bermanfaat. Aamiinn

Download Bab Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.