SILABUS PRAKARYA TINGKAT SMP/MTs KELAS VII, VIII DAN IX

Posted on

Bismillahirrohmannirrohim…puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kepada kita semua berupa nikmat Iman, nikmat Islam dan nikmat kesehatan, sholawat serta salam marilah kita selalu panjatkan kepada baginda nabi besar Muhammad SAW yang telah menuntut umatnya untuk selalu memberikan yang terbaik dan membuang hal-hal yang jelek. Pada penulisan kali ini penulis mencoba mengumpas tuntas tentang silabus Prakarya Tingkat SMP/MTs dari kelas VII, VIII dan IX. Kita tahu bahwa silabus pada mata pelajaran Prakarya untuk tingkat SMP/MTs disusun dengan format seefisien mungkin, sehingga mempermudah seorang pendidik untuk memahami dan melaksanakaannya dan bisa dijadikan bahwan untuk pembuatan RPP. Namun meski demikian ruang lingkup yang ada pada mata pelajaran Prakarya mempertimbangkan ranah urutan yang terdiri dari 4 aspek, diantaranya kerajinan, rekayasa, budidaya dan pengolahan. Dan seperti biasanya penulis hanya mencantumkan 2 aspek saja yaitu aspek kerajinan dan aspek pengolahan sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam MGMP Kabupaten Indramayu.
Silabus Prakarya ini merupakan landasan yang akan di jadikan sebagai acuan bagi pendidik/guru dalam melakukan pembelajaran, agar peserta didik dapat membuat produk prakarya yang menumbuhkembangkan kreatifitas dengan menganalisis berbagai desain karya, mengidentifikasi dan mendeskripsikan proses pembuatan karya, membuat dan memodifikasi karya dalam konteks kearifan budaya lokal.
Pada pembuatan silabus ini, tentunya penulis sudah menerepkan pendidikan karakter dan bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada pendidik/guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Dengan demikian pada komponen pembuatan silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga pendidik/guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing pada setiap aspek mata pelajaran prakarya.
Dalam membuat silabus ini pendidik/guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi budaya local yang ada pada daerah masing-masing, serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik pada lingkungan setempat.
Pada kegiatan pembelajaran pada silabus yang penulis buat ini hanya merupakan model. Pendidik/Guru dapat memperluas dan menyesuaikan dengan sumber daya yang ada pada daerah masing-masing, baik dari karakteristik dan kekhasan daerah/sekolah sesuai dengan potensi peserta didik serta kebutuhan daerah. Kebutuhan daerah merupakan segala sesuatu yang diperlukan oleh masyarakat di suatu daerah tersebut untuk kelangsungan hidup dan peningkatan taraf kehidupan masyarakat yang disesuaikan dengan arah perkembangan daerah serta potensi daerah. Penyesuaian ini harus tetap memperhatikan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik.
Pendidik/Guru sebaiknya memanfaatkan Internet, Buku Teks (Buku Siswa dan Buku Guru), dan lembar kerja siswa (LKS) sebagai sumber belajar. Lembar kerja siswa sedapat mungkin disusun oleh Pendidik/Guru dengan memberi peluang untuk berkembangnya kreativitas peserta didik yang terlibat dalam merancang prosedur kegiatan. Lembar kerja peserta didik merupakan panduan bagi siswa untuk melakukan sesuatu yang menghasilkan kemampuan berpikir. Selain itu Pendidik/Guru diharapkan dapat mengaitkan dengan lingkungan, sumber daya alam, dan energi di sekitarnya dan konteks global, agar siswa dapat memelihara dan memanfaatkan lingkungannya sebagai sumber belajar. Dilihat dari tulisan yang tertera di atas maka dapat disimpulkan bahwasanya dalam pembuatan silabus prakarya dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan darah masing-masing, dalam hal ini penulis hanya memberikan 2 aspek saja dari 4 aspek yang ada pada mata pelajaran prakarya, dan bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan sebagai bahan perbandingan silahkan download link di bawah ini semoga bisa bermanfaat…aamiinn
SILABUS PRAKARYA KELAS VII
SILABUS PRAKARYA KELAS VIII
SILABUS PRAKARYA KELAS IX

Leave a Reply

Your email address will not be published.